Rabu, 16 Januari 2013

Tips Menghemat Daya Pc Laptop

Tips Menghemat Daya Pc Laptop

tips menghemat daya pc, laptop artikel computer ini saya dapat mengulas perihal tips menghemat daya pc serta laptop. pastinya anda jadi pembayaran listrik bengkak dikarenakan pemakaian computer atau laptop tiap-tiap hari ? terlebih saat ini ini listrik menggunakan pulsa, pastinya kita mesti lebih irit sehemat barangkali supaya pulsa listrik kita tidak cepet habis. nah untuk menangani perihal tersebut, tersebut allsoft sharing tips cara menghemat daya pada computer serta laptop.
1. atur pencahayaan serta kontras monitor
barangkali untuk orang yang awam atau pemula saat menggunakan computer, mereka jarang sekali mencermati pengaturan monitor mereka. yang disebut didalam perihal ini yaitu tingkat pencahayaan serta kontras yang diatur terlampau tinggi dapat dapat menggunakan banyak daya. maka karenanya anda mesti dapat mengatur pencahayaan serta kontras tersebut, untuk mengatur pencahayaan serta kontras monitor tersebut pakai tombol yang ada dibawah monitor.
2. matikan monitor
tips yang ke-dua yaitu mematikan monitor, terlebih monitor yang macamnya yaitu type crt ( cathode ray tubel ), dikarenakan monitor type tersebut semakin banyak mengonsumsi tenaga listrik. lantas, bila anda pingin meninggalkan pc tersebut kurun waktu yang lama, baiknya matikan monitor anda.
anda juga bisa menyetting windows supaya dengan otomatis segera mati didalam sekian waktu spesifik, itu dapat dikerjakan lewat cara, klik “control panel-options”. didalam “power options properties” klik tab “power schemes”. lantas klik sinyal panah dibagian “power schemes” lantas tentukan “home/office desk”. lantas tentukan waktu yang di idamkan pada “turn off monitor” serta klik “apply” serta “ok”.
3. matikan harddisk
walau kita tidak tengah lakukan apapun pada computer kita, namun data anda dapat senantiasa dibaca dari hard disk ( oleh sistem operasi serta sebagian aplikasi ). dikarenakan alasan ini, hard disk hard disk selalu menerus berputar serta sudah pasti ini dapat menggunakan daya. bila anda pingin meninggalkan pc anda kurun waktu yang lama, maka baiknya matikan hard disk pc anda. pada “power options properties” lantas klik tab “power schmes”. klik sinyal panah dibagian “power schemes” serta tentukan “home/off desk”. lantas klik “turn off hard disk” serta tentukan waktunya. lantas klik “apply” serta “ok”.
4. matikan peralatan lainnya
matikanlah peralatan yang lain layaknya, speaker, modem eksternal, scanner, zip drive serta printer. dikarenakan peralatan itu amat menggunakan banyak daya. kerapkali orang meninggalkan peralatan tersebut didalam situasi aktif, apalagi waktu kita tengah keluar kurun waktu yang lama.
5. mode hibernate
mode hibernate ini yaitu sarana untuk lakukan shut down, namun tidak menutup atau mematikan aplikasi yang tengah kita buka tadi. perihal ini bisa dikerjakan lewat cara mode “hibernate”. dengan mode ini, isi memory utama ( ram ) dapat tersimpan didalam hard disk. cara lakukan mode hibernate yaitu seperti berikut, pada “power options” kliklah tab “hibernate”. lantas klik kotak dekat “enable hibernation”. klik juga pada tab “advanced”. didalam sisi “when i press the power button” lantas klik sinyal panahnya lantas klik “hibernate”. klik “apply” serta “ok”. sesudah itu tekan tombol “power” pada computer anda. mode hibernate telah berperan, tekan tombol “power” sekali lagi, computer anda dapat menyala serta dapat otomatis buka aplikasi yang sudah anda buka tadi.
6. mode standby
supaya dapat menghemat daya, baiknya pengaturan monitor serta hard disk ada dibagian yang sangat rendah pada mode standby. bila anda pingin meninggalkan pc sebentar, baiknya aktifkan mode standby. tetapi yang perlu anda kenali yaitu, waktu mode standby aktif data-data yang belum anda simpan bisa rusak atau hilang bila pc anda alami rusaknya. baiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum saat anda mengaktifkan mode standby ini. mode standby bisa dikerjakan lewat cara, klik “start-turn off computer” lantas klik “stanby”.
7. manfaatkanlah ups
manfaatkanlah senantiasa alat ups, dikarenakan alat ini dapat menolong penyelamatan data atau shut down waktu berlangsung mati listrik. untuk mengatur peralatan ups serta mengkonfigurasikan alat tersebut “power option properties” lantas tentukan tab ups. sisi status didalam tab ups menampilkan perkiraan jumlah menit yang bisa di dukung ups pada pc anda. sesungguhnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan ups, tetapi perihal ini bergantung dari jenis serta kapasitas ups yang dipakai.
8. baterai laptop
bila anda men-charge baterai laptop, yakinkan sistem charge-nya selesai. dikarenakan sistem charge yang dikerjakan setengah-setengah lantas dilanjutkan kembali, itu jadi dapat menggunakan banyak daya. bila anda pingin pergi, baiknya bawa senantiasa baterai tambaha. untuk menghemat penggunaan baterai. anda dapat memakai feature hibernate/suspended atau pakai soket listrik yang dikaitkan ke stopkontak.
9. port usb
bila waktu anda menggunaka laptop serta waktu itu anda memasukkan di antara ke port usb di laptop, baiknya bila telah selesai segera dilepaskan saja. dikarenakan peralatan yang tetap tertancap di port usb, itu juga bisa menggunakan tenaga pada pc atau laptop anda. baiknya lepaskan alat tersebut apabila pemakainnya dirasa telah cukup.
10. skema penggunaan daya laptop
umumnya produsen-produsen laptop juga memasukkan feature serta software power management. software ini amat bermanfaat sekali untuk beberapa customer laptop, dikarenakan software ini dapat mengatur penggunaan baterai serta daya listrik yang tengah dipakai. di software ini ada sebagian pilihan yang bisa dipakai untuk tahu beban hard disk serta daya lain yang tengah dipakai oleh laptop. diantaranya tahu kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang pas agar bisa menghemat baterai. software ini sekalian bisa jadi pengawas untuk kita saat menggunakan laptop. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar